Beranda > Tips > Tips Memperbaiki Komputer yang Mati Total

Tips Memperbaiki Komputer yang Mati Total

Jika suatu saat komputer Anda tidak bisa nyala, jangan langsung panik. Belum tentu komputer tersebut rusak, untuk mengecek-nya Anda dapat melakukan hal-hal seperti berikut:

1. Cek lampu indikator CPU dan monitor. Jika lampu indikator CPU hidup dan lampu monitor mati artinya monitornya yang bermasalah sebaliknya jika lampu indikator CPU mati dan lampu monitor hidup itu artinya CPU tidak ada arus listrik, cek power supply dan kipas proccessor dan pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.

2. Jika kedua lampu indikator hidup tetapi blank screen, cek suara buzzer dari CPU. CPU mempunyai speaker kecil yang berbunyi setiap kali komputer dinyalakan. Pada keadaan hidup, buzzer itu akan mengeluarkan bunyi “tut“ pendek sekali atau 2 kali. Tetapi jika masalah terjadi, ada kode bunyi standar yang bisa memberitahu sumber masalah yang ada, contohnya seperti berikut:

* Jika bunyi buzzer “tuuuuuuuuut“ panjang tanpa henti artinya masalah ada pada seputar RAM (kendor, mati atau slot konslet)
* Jika bunyi buzzer? “tuuuut-tuuuut-tuuuut“ (tut panjang 3X) artinya masalah ada pada seputar VGA
* Jika CPU tidak mengeluarkan bunyi sama sekali kemungkinan motherboardnya yang bermasalah

3. Cek BIOS, Jika pernah mati lampu ketika komputer sedang digunakan kemungkinan sistem di BIOS mengalami masalah, silahkan update System BIOS.

4. File sistem operasi yang mengalami kerusakan atau korup bisa juga jadi penyebabnya. Hal ini terjadi saat meng-upgrade sistem operasi tidak selesai dengan sempurna. Selain itu bisa juga terjadi ketika sistem operasi tidak pernah diatur ulang atau di defrag.

Setelah mengetahui penyebab mengapa komputer Anda mati, Anda dapat mengambil langkah yang tepat dan lebih cepat untuk memperbaikinya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: