Beranda > Health > 6 Kebiasaan Sehat Yang Bisa Bikin Sakit

6 Kebiasaan Sehat Yang Bisa Bikin Sakit

Banyak cara menuju sehat. Hanya saja tanpa sadar ada beberapa cara yang malah akan membuat sakit. Tentunya jika dilakukan tanpa cara yang tepat dan berlebihan. Apa saja upaya sehat yang berisiko itu?

1. Menghindari sinar matahari

Ya, terlalu banyak matahari bisa membuat kulit gelap, malah bisa juga menyebabkan kanker. Buat para wanita sedang dalam terapi mencerahkan kulit, biasanya dilarang untuk kena langsung matahari. Tapi ingat, tubuh tetap perlu vitamin D yang hanya bisa diberikan sinar matahari untuk tulang yang kuat dan daya tahan tubuh yang prima.

Jadi jangan terlalu fanatik pada sunscreen. Jika ingin beraktifitas di luar ruangan dengan paparan matahari selama 20 menit, bolehlah menggunakan sunscreen dengan SPF 30. Tapi jika cuma melakukan kegiatan ringan, beri kesempatan kulit untuk menikmati hangat sinar matahari. Satu-satunya bagian tubuh yang perlu perlindungan ekstra dari matahari cuma wajah.

2. Menggunakan gel atau sabun anti bakteri.

Gel atau sabun antibakteri memang praktis untuk dibawa-bawa di dalam tas. Tapi terlalu terobsesi dengan kebersihan dengan menggunakan dua bahan ini, justru bisa melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan sendiri kuman berbahaya. Sekaligus juga bisa membunuh bakteri baik. Mencuci tangan dengan air hangat dan sabun biasa selama 20 detik dengan cara yang benar — seluruh permukaan tangan dapat bagian dibersihkan — sudah cukup untuk menjaga kesehatan.

3. Tidur

Tiap orang butuh waktu delapan jam penuh untuk tidur malam tanpa diganggu. Jika Anda mengurangi jatah itu atau justru menambah jatah hingga sembilan jam atau lebih, malah akan membuat Anda sakit. Kurang atau terlalu banyak tidur juga tak bagus untuk kulit Anda, selain menyebabkan, kembung, terlalu bernafsu makan, kebingungan dan depresi.

4. Memasang terus pendingin ruangan

Ruangan berpendingin memang nyaman saat udara luar sangat panas. Namun sebaiknya Anda tidak duduk diam di ruangan berpendingin dengan udara yang didaur ulang terus menerus sepanjang siang dan malam hati. Udara di ruangan tersebut mungkin mengandung bakteri dan kuman dan berbagai partikel debu. Setiap beberapa jam, sebaiknya matikan pendingin ruangan, buka jendela dan berjalan-jalanlah untuk menghidup udara terbuka.

Jangan lupa mencuci filter pendingin ruangan dengan air hangat dan sabun dan keringkan dengan sempurna sekali sebulan. Jika Anda bekerja di kantor berpendingin yang jendelanya tak pernah dibuka, bawa sweater untuk menjaga temperatur tubuh agar tetap hangat. Keluarlah dari ruang kantor saat makan atau istirahat siang.

5. Makan makanan organik

Sayur, buah, beras, produk tumbuhan organik apapun biasanya memang lebih mahal. Padahal masalah utamanya seringkali dalam perjalanannya sampai ke tangan Anda semua produk itu ada yang tetap melewati pemrosesan yang berat. Jadi pastikan Anda membaca label makanan secara teliti, bahkan jika Anda membelinya dari toko makanan sehat sekalipun. Makanan semestinya tak harus yang organik untuk jadi makanan sehat, selama kandungan makanan cukup sederhana dan kadar gulanya cukup rendah.

6. Kebanyakan Olah Raga

Olah raga itu sudah pasti bagus. Namun tubuh dan pikiran sebenarnya cuma perlu 30-45 menit olah raga khususnya kardio , 3-4 hari saja dalam sepekan. Latihan kardio atau aerobik seharusnya dilakukan secara berganti-ganti berselang hari dengan kegiatan lain seperti yoga, pilates, berjalan, dan angkat beban. Hiking, berenang, tennis, golf, olah raga dalam tim adalah variasi sederhana yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga otot tubuh tetap padat, bentuk tubuh tetap langsing dan bertenaga.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: